Minggu, 26 Juni 2011

Sebelum Membuat Aplikasi Java

Setelah sekian lama buat blog, mari posting sesuatu yang berguna disini. Karena pada dasarnya penulis dari jurusan TI (Teknik Informatika) maka postingannya berbau-bau Teknologi Informasi pastinya.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas bahasa pemrograman Java, sebelumnya mengapa membahas bahasa Java, kalau ditanya alasan itu, penulis juga kurang paham, pokoknya saya mudenganya bahasa Java, hehehe..

Bagi anak TI pasti sudah banyak mendengar kata algoritma pemrograman dan salah satunya adalah pemrograman berorientasi objek, nah bahasa Java ini menggunakan terminologi Pemrograman Berorientasi Objek (PBO), penjelasan lihat di Wikipedia sini aja.

Langsung saja kita mulai belajar bahasa java, untuk dapat menjalankan program java di komputermu, terlebih dahulu harus diinstal Java Runtime Environment (mesin virtual untuk menjalankan program java) dan kalau mau membuat program dengan bahasa java, terlebih dahulu harus diinstall Java SE Development Kit (JDK) kalau didalam JDK ini sudah sekalian sama Java Runtime Environment, jadi disaranakan installnya yang ini saja.

Kalau sudah punya itu, sebenarnya sudah bisa buat beraksi, tapi agar lebih gampang mari kita pakai editor Netbeans agar lebih mudah, bisa didownload sekalian sama JDKnya di sini.
Langsung install.

Tidak ada komentar: